online pos

Online POS berbasis Komputasi Awan

Cloud based Point Of Sales (POS) atau kasir online berbasis komputasi awan yang biasanya bekerja pada perangkat smartphone atau tablet atau pada laptop dan all in one pc yang berjalan pada browser semacam google chrome. Online POS adalah sebuah tipe sistem POS dimana informasi untuk transaksi diproses dan datang dari layanan server cloud. POS berdasarkan penempatannya ada yang dalam bentuk kios yaitu pada meja kasir atau secara mobile berpindah sesuai kebutuhan pada binis FB.

Baca juga: Memperkenalkan sistem monitoring BimaPHR

Di Indonesia ada beberapa startup yang telah menjadi pemain utama online POS ini. Sebut saja MokaPOS, Pawoon, Olsera, BeePOS dan sebagainya. Yang menyebabkan online POS ini semakin lama semakin berkembag dan banyak digunakan adalah dimana kesadaran pemilik usaha akan penggunaan mobile device (gawai pintar) sebagai perangkat POS yang lebih modern. Kenapa hal itu terjadi tidak terlepas dari betpa dinamisnya penggunaannya. Peragkat POS lama sangat eksklusif, dengan perangkat khusus dan harga yang cukup tinggi. Dengan kemudahan yang ditawarkan online POS dan perangkat gawai pintar yang kian menjamur dan stabil serta kemudahan penggunaanya menyebabkan mulainya pergeseran ini.

Para ahli berpendapat penggunaan online POS yang berjalan pada perangkat mobile ini akan semakin banyak digunakan di berbagai macam jenis industri. Menggantikan sistem POS tipe lama. Online POS dianggap lebih masuk akal untuk digunakan, baik dari segi maintenance perangkat, kemudahan mendapatkan perangkat, kemudahan berlangganan sistem, kemudahan implementasi, jadi daripada membeli perngkat POS tipe lama beserta softwarenya, pelaku usaha dapat menggunakan perangkat mobile nya sendiri sebagai POS online.

Related Posts

Leave a Reply