TERMS & CONDITIONS
LAYANAN BIMA PHR

Syarat & ketentuan yang ditetapkan di bawah ini mengatur akses dan pemakaian atas Layanan BimaPHR yang dimiliki oleh PT Bima Sakti Alterra (“BSA” atau “Kami”) sebagai penyedia Layanan BimaPHR (“S&K”) untuk pengguna atau yang memiliki akses terhadap Layanan BimaPHR baik perorangan ataupun badan hukum termasuk namun tidak terbatas pada wajib pajak (“Anda”). Anda disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban Anda secara hukum sebagai pengguna.

Dengan melakukan pendaftaran atau dengan mengunduh, memasang, mengakses atau menggunakan Layanan BimaPHR, serta tindakan mengklik persetujuan secara elektronik dalam S&K ini, Anda dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi S&K sehingga S&K ini dapat diberlakukan sebagai sebuah perjanjian yang sah antara Anda sebagai pengguna dengan BSA. Anda sebagai pengguna maupun BSA setuju bahwa tidak ada pihak yang akan memulai atau melakukan tuntutan atau keberatan apapun sehubungan dengan dibuatnya maupun keabsahan S&K ini berikut perubahannya.

Dalam hal Anda tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi S&K ini, maka Anda dapat menghentikan penggunaan Layanan BimaPHR beserta seluruh fitur yang terdapat pada Layanan BimaPHR.

I. Definisi

  1. PT Bima Sakti Alterra adalah sebuah perusahaan yang didirikan berdasarkan hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia, sebagai perusahaan pemilik dan penyedia Layanan BimaPHR yang dapat diakses melalui www.bsa.id dan www.bimaphr.id (“Situs”) dan/atau dashboard aplikasi Layanan BimaPHR (“Web-Aplikasi”).
  2. Layanan adalah Layanan BimaPHR, yaitu sebuah perangkat lunak milik BSA sebagai layanan perekam transaksi pada wajib pajak daerah pada perangkat keras Pengguna untuk mempermudah pemantauan transaksi pada wajib pajak daerah. Layanan BimaPHR dibagi atas 3 bagian aplikasi yaitu: aplikasi Point of Sales untuk wajib pajak daerah yang tidak memiliki aplikasi pencatatan transaksi; aplikasi BimaPHR yang menggunakan teknologi Optical Character Reading untuk merekam transaksi bagi wajib pajak daerah yang sudah memiliki aplikasi Point of Sales; aplikasi monitoring dashboard pemerintah yang berupa Web-Aplikasi yang dapat diakses otoritas pemerintah daerah setempat untuk memantau transaksi dari wajib pajak daerah yang telah terinstal aplikasi Point of Sales maupun aplikasi yang menggunakan teknologi Optical Character Reading.
  3. Anda atau Pengguna adalah pihak yang menggunakan Layanan dalam hal ini adalah setiap orang dan/atau badan usaha yang dilindungi secara hukum melalui Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, termasuk namun tidak terbatas pada otoritas pemerintah daerah setempat dan wajib pajak daerah, maupun pihak lain yang sekadar berkunjung ke Situs maupun Web-Aplikasi.
  4. Point of Sales atau POS adalah aplikasi untuk menunjang pada saat wajib pajak daerah merekam transaksi yang telah terjadi di badan usaha milik wajib pajak daerah termasuk namun tidak terbatas pada gerai/toko/lokasi usaha milik wajib pajak daerah.
  5. Otoritas Pemerintah Daerah adalah otoritas pemerintah daerah setempat yang memiliki kewenangan, tugas pokok dan fungsi di bidang pemungutan pajak daerah berdasarkan peraturan perundang-undangan Negara Kesatuan Republik Indonesia, termasuk namun tidak terbatas untuk mengakses data transaksi yang dihasilkan badan usaha sebagai wajib pajak daerah.
  6. Wajib Pajak adalah wajib pajak daerah yang merupakan orang pribadi atau badan yang menurut peraturan perundang-undangan perpajakan daerah diwajibkan untuk melakukan pembayaran pajak yang terutang, termasuk pemungut atau pemotong pajak tertentu.
  7. Wajib Pajak Non POS adalah orang pribadi atau badan usaha yang terdaftar sebagai Wajib Pajak, yang mendaftarkan badan usahanya pada Layanan dan menggunakan sistem POS milik BSA.
  8. Wajib Pajak POS adalah orang pribadi atau badan usaha yang terdaftar sebagai Wajib Pajak, yang mendaftarkan badan usahanya pada Layanan, yang sudah menggunakan sistem POS dalam mengelola transaksinya.
  9. Data Pribadi adalah informasi pribadi Anda yang dapat direkam pada saat Anda mengunjungi Situs dan/atau menggunakan Layanan yang ketentuannya diatur lebih lanjut pada Kebijakan Privasi Layanan.
  10. Konten adalah informasi yang tersedia melalui Situs, Web-Aplikasi, Layanan yang dapat menampilkan informasi maupun data termasuk namun tidak terbatas pada data transaksi atau data lainnya yang terdapat dalam Situs, Web-Aplikasi, dan Layanan.
  11. Keadaan Kahar adalah keadaan yang tidak dapat diantisipasi ataupun dikendalikan, termasuk kejadian alam maupun kejadian akibat manusia, yang dalam hal ini termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam (antara lain, gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir, kekeringan dan tanah longsor), wabah penyakit, kebakaran, sengketa industrial, pemogokan masal, perang, pemberontakan, perebutan kekuasaan, terorisme, jaringan dan/atau komputer tidak dapat berfungsi yang disebabkan karena tenaga listrik umum tidak berfungsi atau oleh sebab lain di luar kekuasaan Kami, dan perubahan peraturan perundang-undangan nasional maupun daerah secara material yang berhubungan langsung dengan pelaksanaan Layanan.

II. Hak Akses

Masing-masing Pengguna memiliki hak akses dalam menggunakan Layanan sebagai berikut:

  1. Otoritas Pemerintah Daerah memiliki hak akses sebagai admin dashboard Layanan yang dapat digunakan untuk melihat dan memantau transaksi yang dihasilkan oleh Wajib Pajak non POS dan/atau Wajib Pajak POS.
  2. Wajib Pajak non POS memiliki hak akses sebagai admin POS dan kasir yang diberikan untuk melakukan transaksi baik melihat laporan, menambahkan produk pada aplikasi dan melakukan transaksi yang direkam oleh aplikasi POS.
  3. Wajib Pajak POS memiliki hak akses untuk melihat informasi perekam pajak yang sudah diinstal pada perangkat Wajib Pajak POS.
  4. Bagi Otoritas Pemerintah Daerah, hanya diperkenankan untuk mengakses dan/atau menggunakan Layanan untuk keperluan melihat atau memantau transaksi oleh wajib pajak, termasuk namun tidak terbatas untuk mengelola besaran pajak bagi Wajib Pajak. Akses dan penggunaan Situs di luar keperluan Instansi Pemerintah Daerah yang mengatur pajak atau non-komersial dilarang, dan melanggar S&K ini.
  5. Bagi Wajib Pajak POS dan Wajib Pajak Non Pos, Anda hanya diperkenankan untuk mengakses dan/atau menggunakan Layanan untuk keperluan badan usaha milik Anda dan bersifat non-komersial, yang berarti bahwa Layanan ini hanya boleh diakses dan digunakan secara langsung oleh Anda dalam kaitannya dengan pajak daerah.

III. Persetujuan dan Pernyataan Jaminan

  1. Anda akan menggunakan dan/atau mengakses Situs, Web-Aplikasi, Konten  pada Layanan hanya untuk tujuan yang sah dan tidak bertentangan dengan norma-norma yang berlaku.
  2. Tidak ada materi apapun yang disampaikan melalui akun Anda atau yang diunggah atau dibagikan oleh Anda melalui Layanan dan/atau aplikasi pendukung Layanan akan melanggar atau menyalahi hak pihak ketiga manapun, termasuk hak cipta, merek dagang, privasi, publisitas atau hak kepemilikan atau pribadi lainnya; atau mengandung fitnah, pencemaran nama baik atau materi yang melanggar hukum.
  3. Semua informasi yang Anda berikan kepada Kami (termasuk namun tidak terbatas pada informasi Data Pribadi) adalah akurat, benar dan lengkap.
  4. Anda setuju untuk menyediakan dan memperbarui informasi yang akurat, benar dan lengkap tentang akun Anda serta melaporkannya kepada Kami. Dalam hal ini, Anda membebaskan Kami dari segala tanggung jawab atas kesalahan yang terjadi akibat tidak dilakukannya pembaruan informasi akun Anda.
  5. Pada saat pembuatan akun, Anda tidak diperbolehkan:
    1. memberikan informasi Data Pribadi palsu kepada Kami, termasuk nama pengguna/username atau membuat akun untuk orang lain selain diri sendiri tanpa izin dari orang tersebut;
    2. menggunakan nama pengguna/username yang merupakan nama orang lain dengan maksud untuk meniru orang itu, atau menggunakan nama pengguna/username yang bersifat menyesatkan, fitnah, asusila, mengandung pornografi, dan diskriminatif atau rasis.
    3. Anda bertanggung jawab untuk menjaga informasi atas akun Anda, termasuk namun tidak terbatas pada kerahasiaan kata sandi/password, dan setuju untuk memberitahu Kami jika kata sandi/password Anda hilang, dicuri, atau diungkapkan kepada pihak ketiga yang tidak sah, atau mungkin telah jatuh ke tangan yang tidak berhak. Anda bertanggung jawab atas setiap kegiatan yang terjadi dalam akun Anda. Jika Anda memiliki alasan untuk percaya bahwa akun Anda tidak lagi aman, maka Anda harus segera memberitahukan Kami.
    4. Anda bertanggung jawab untuk membuat semua pengaturan yang diperlukan agar Anda memiliki akses ke Layanan. Anda juga bertanggung jawab untuk memastikan bahwa semua orang yang mengakses Layanan melalui koneksi internet Anda mengetahui dan mematuhi S&K ini serta ketentuan lain yang berlaku.
  6. Anda setuju bahwa Kami berhak untuk mengubah, memodifikasi, menunda atau menghentikan semua atau sebagian dari Layanan sewaktu-waktu ketika Kami menemukan adanya pelanggaran-pelanggaran terhadap penggunaan Layanan dan kesepakatan tertulis lainnya terhadap penggunaan Layanan. Kami juga dapat menentukan batas pada fitur-fitur tertentu atau membatasi akses Anda berdasarkan keputusan internal Kami atau peraturan terkait dengan penyelenggaraan Layanan.
  7. Anda setuju bahwa semua Hak Atas Kekayaan Intelektual dalam Layanan dimiliki oleh BSA, sehingga Anda wajib menghormati Hak Atas Kekayaan Intelektual Layanan yang merupakan milik BSA. Semua informasi dan bahan, termasuk namun tidak terbatas pada: Aplikasi, teks, data, grafik, citra, merek dagang, logo, ikon, kode html dan kode lainnya dalam Situs dan Aplikasi dilarang untuk dipublikasikan, dimodifikasi, disalin, direproduksi, digandakan atau diubah dengan cara apa pun tanpa izin yang dinyatakan secara tertulis oleh BSA. Jika Pengguna melanggar hak-hak ini, BSA berhak untuk membuat gugatan atau upaya hukum lainnya untuk jumlah keseluruhan kerusakan atau kerugian yang diderita. Pelanggaran-pelanggaran ini juga bisa merupakan tindak pidana sebagaimana diatur oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  8. Anda dan setuju bahwa BSA dapat mengumpulkan, menggunakan, mengakses, menyimpan, dan/atau mengelola data Pengguna termasuk namun tidak terbatas pada informasi Data Pribadi, dan/atau informasi tentang aktivitas yang dilakukan oleh Pengguna pada Layanan yang lebih lanjut ditentukan dalam Kebijakan Privasi Layanan.
  9. Anda setuju bahwa Layanan diberikan kepada Anda pada “SEBAGAIMANA ADANYA” dan “SEBAGAIMANA TERSEDIA”.
  10. Anda setuju bahwa Kami selalu berupaya untuk menjaga Layanan agar  tetap aman, nyaman, dan berfungsi dengan baik. Namun Kami tidak dapat menjamin operasi terus-menerus atau akses ke Layanan kami dapat selalu sempurna. Informasi dan data dalam Layanan memiliki kemungkinan tidak terjadi secara real time.

IV. Penggunaan Layanan

  1. Penggunaan Layanan, Situs, dan/atau Web-Aplikasi membutuhkan koneksi pada jaringan internet.
  2. Layanan dapat digunakan oleh Anda dengan terlebih dahulu melakukan pendaftaran yang disertai pemberian informasi Data Pribadi Anda sebagaimana diminta dalam Web-Aplikasi. Informasi terkait Data Pribadi yang diberikan hanya akan digunakan untuk pemberian Layanan dan tujuan lain yang dimuat dalam Kebijakan Privasi Layanan. Informasi tambahan wajib Anda berikan untuk dapat mempergunakan Layanan tertentu dalam Web-Aplikasi.
  3. Penggunaan Layanan dapat menimbulkan beban biaya atas penggunaan Layanan yang dikenakan kepada Pengguna, yang dalam hal ini dibebankan kepada Otoritas Pemerintah Daerah.
  4. Kami dari waktu ke waktu, tanpa memberikan alasan atau pemberitahuan apapun sebelumnya, dapat memperbarui, mengubah, menunda, menghentikan dan/atau mengakhiri semua konten pada Situs secara keseluruhan atau sebagian, termasuk namun tidak terbatas pada desain, teks, gambar grafis, foto, gambar, citra, Aplikasi, dan file lain, tarif, biaya, kuotasi, data historis, grafik, statistik, artikel, informasi kontak Kami, setiap informasi lain, dan pemilihan serta pengaturannya.
  5. Anda tidak diperkenankan menggunakan Layanan untuk hal sebagai berikut:
    1. untuk menyakiti, menyiksa, mempermalukan, memfitnah, mencemarkan nama baik, mengancam,mengintimidasi atau mengganggu orang atau bisnis lain, atau apapun yang melanggar privasi atau yang BSA anggap penuh kebencian, tidak senonoh, tidak patut, tidak pantas, atau diskriminatif;
    2. dengan cara yang melawan hukum, menipu, atau tindakan komersial;
    3. membuat, memeriksa, memperbarui, mengubah atau memperbaiki database, rekaman, atau direktori Anda ataupun orang lain;
    4. menggunakan kode komputer otomatis, proses atau sistem “screen scraping”, program, robot, net crawler, spider, pemrosesan data, trawling atau kode komputer; dan/atau
    5. melanggar S&K, atau ketentuan lainnya yang ada pada Layanan.

V. Fitur Pada Layanan

  1. Fitur yang tersedia dalam Layanan untuk dapat digunakan oleh Otoritas Pemerintah Daerah adalah sebagai berikut:
    1. Menampilkan data informasi transaksi per Wajib Pajak;
    2. Menampilkan data informasi jumlah nominal total penerimaan pajak per wajib pajak maupun rekap;
    3. Informasi Data Pribadi Wajib Pajak dan Tempat Usaha;
    4. Besaran Pajak per Kategori;
    5. Pemetaan Wajib Pajak;
    6. Starter Key untuk Instalasi.
  2. Fitur yang tersedia dalam Layanan untuk dapat digunakan oleh Wajib Pajak Non Pos adalah sebagai berikut:
    1. Mengelola laporan transaksi penjualan;
    2. Menambahkan produk untuk dapat dilakukan transaksi;
    3. Transaksi Kasir / Penjualan;
    4. Memilih menu atau barang.
  3. Fitur yang tersedia dalam Layanan untuk dapat digunakan oleh Wajib Pajak Pos adalah sebagai berikut:
    1.   Merekam data transaksi.
    2.   Mengirimkan data tiap melakukan transaksi.
    3.   Informasi terkait Aplikasi.

VI. Perangkat Penunjang

Pengguna setuju untuk memelihara dengan baik seluruh perangkat penunjang yang dipinjamkan oleh BSA dan setuju untuk mengganti kerugian terhadap BSA dengan membayar biaya ganti rugi atas setiap kehilangan (nilai ganti rugi dihitung berdasarkan dengan nilai buku atas aset dikurangi dengan depresiasi aset) atau kerusakan (nilai ganti rugi dihitung sesuai dengan biaya perbaikan) perangkat yang dipinjamkan BSA yang dipasang pada lokasi Anda, yang mana kerusakan diakibatkan atas tindakan Anda baik karena kelalaian maupun kesengajaan.

VII. Pembatasan Tanggung Jawab

Sejauh mematuhi ketentuan hukum yang berlaku, Kami (termasuk afiliasi-afiliasinya, perusahaan-perusahaan yang terasosiasi dengannya, dan entitas-entitas yang dikendalikan secara bersama) tidak bertanggung jawab, dan Anda setuju untuk tidak menuntut Kami untuk bertanggung jawab atas segala kehilangan termasuk kehilangan penghematan biaya yang diharapkan, kehilangan bisnis atau kesempatan bisnis, kehilangan pemasukan atau keuntungan, atau kehilangan dan kerusakan apapun yang Anda alami akibat penggunaan Layanan, akibat kegagalan dalam mengakses Layanan atau metode penggunaan Layanan yang di luar kendali Kami termasuk namun tidak terbatas pada kehilangan yang disebabkan oleh kelalaian Pengguna dan Keadaan Kahar.

VIII. Ganti Rugi

Pengguna setuju untuk mengganti rugi kepada BSA dan petugasnya terhadap semua kerugian, pajak, biaya, biaya hukum, dan kewajiban (saat ini, di masa yang akan datang, kontingensi, atau apapun yang berbasis ganti rugi), yang diderita oleh BSA sebagai hasil atau hubungan dari pelanggaran S&K ini atau dokumen terkait lainnya yang dilakukan oleh Pengguna dan/atau tindakan yang dilakukan oleh BSA ketika terjadi pelanggaran S&K ini atau dokumen terkait lainnya.

IX. Pilihan Hukum dan Penyelesaian Sengketa

  1. S&K ini tunduk, diatur dan ditafsirkan berdasarkan hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  2. Apabila terjadi perselisihan atau perbedaan pendapat yang disebabkan atau yang timbul sehubungan dengan pelaksanaan S&K ini (“Sengketa”), maka Kami dan Anda (secara bersama-sama disebut sebagai “Para Pihak” dan secara individu disebut “Pihak”) sepakat akan menyelesaikan secara musyawarah untuk mufakat antara Para Pihak dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari kalender sejak salah satu Pihak menyampaikan pemberitahuan mengenai adanya Sengketa. Para Pihak akan menuangkan hasil kesepakatan antara Para Pihak sehubungan dengan Sengketa tersebut dalam sebuah berita acara penyelesaian sengketa yang ditandatangani oleh kedua belah Pihak.
  3. Apabila Sengketa tidak dapat diselesaikan melalui musyawarah mufakat dalam kurun waktu 30 (tiga puluh) hari kalender sejak Sengketa diberitahukan oleh salah satu Pihak ke Pihak lainnya, maka Para Pihak sepakat untuk menyelesaikan Sengketa melalui arbitrase di Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI) yang didirikan pada 30 November 1977 berdasarkan Keputusan Kamar Dagang Indonesia No. SKEP/152/DPH/1977, atau badan lainnya yang disebut sebagai Badan Arbitrase Nasional Indonesia yang diputuskan oleh otoritas yang berwenang dalam keputusan yang final dan mengikat sehubungan dengan validitas dan kedudukan Badan Arbitrase Nasional Indonesia yang saat itu berlaku, yang mana peraturan BANI dianggap dimasukkan dengan referensi dalam S&K ini.
  4. Tempat kedudukan arbitrase adalah di Jakarta, Indonesia, dan bahasa yang digunakan adalah Bahasa Indonesia.
  5. Para Pihak sepakat untuk tetap melaksanakan kewajiban-kewajibannya menurut S&K ini selama proses penyelesaian perselisihan.

X. Pemutakhiran dan Transmisi Elektronik

  1. BSA berhak untuk setiap saat mengubah, memperbarui, atau mengubah persyaratan dalam S&K ini dengan menggantinya dengan S&K yang terbaru. Dengan terus berkomunikasi dengan BSA, dan dengan terus menggunakan Layanan, fitur dalam Layanan, atau dengan penggunaan lanjutan Pengguna dengan BSA sehubungan dengan modifikasi-modifikasi, pembaruan-pembaruan atau perubahan-perubahan S&K ini, tindakan tersebut menandakan dan merupakan persetujuan Pengguna atas modifikasi-modifikasi tersebut, pembaruan-pembaruan atau perubahan-perubahan sebagaimana dimaksud.
  2. S&K ini, dan setiap perubahanya, dengan cara apa pun yang diterima, harus diperlakukan sebagai kontrak sebagaimana mestinya dan harus dianggap memiliki akibat hukum yang mengikat sama seperti versi asli yang ditandatangani secara langsung.

X. Kontak

Segala bentuk pertanyaan terkait S&K ini dapat dikirimkan kepada:

PT BIMA SAKTI ALTERRA

Alamat        : Jalan Melati No 61, Dangin Puri Kangin, Denpasar, Bali.

Email          : info@BimaPHR.id